welcome to smp muhammadiyah 3 ! go green of muhammadiyah 3 junior high school From Now and For In The Future Save Earth and go Green ! Buang sampah pada tempatnya? Siapa takut !

NOTULEN RENCANA KEGIATAN PERINGATAN HARI PEDULI SAMPAH


NOTULEN RENCANA KEGIATAN
PERINGATAN HARI PEDULI SAMPAH
DI SMP MUHAMMADIYAH TIGA YOGYAKARTA
21 FEBRUARI 2013



Peringatan Hari Peduli Sampah Nasional yang jatuh pada tanggal 21 Februari dilatarbelakangi tragedi longsornya sampah di Desa Leuwigajah, Cimahi, Provinsi Jawa Barat yang menewaskan 143 orang dan menimbun 137 rumah akibat longsoran sampah setinggi 30 meter yang terjadi pada 21 Februari 2005 lalu,Jika sampah tidak dikelola dengan baik maka akan menjadi musibah sebagaimana yang terjadi di Desa Leuwigajah, Jawa Barat.

Karena itu saat ini paradigma yang harus ditumbuhkan oleh masyarakat adalah sampah mau dijadikan apa bukan sampah mau dibuang kemana,' Untuk kedepan yang harus dilakukan adalah bagaimana sampah bisa diolah menjadi barang berharga dan bermanfaat dengan menggunakan konsep 3 R (reuse, reduce, recycle).

Reuse yaitu mengurangi timbulnya sampah seperti mengurangi pemakaian kantong plastik dan bahan lainnya yang akhirnya menjadi sampah. contohnya, ibu-ibu yang hendak kepasar bisa menggunakan kantong dari kain untuk mengurangi penggunaan kantong plastik. Industri , juga bisa melakukan pengurangan plastik dalam mengemas produknya sehingga lebih untung dan dapat mengurangi limbah.

Reduce yaitu melakukan daur ulang atau sampah yang ada diolah kembali agar bisa digunakan seperti ban mobil bekas bisa dijadikan pot bunga, kulit makanan plastic bisa dijadikan accesoris dalam rumah tangga seperti alas meja, tas dan lain-lainnya.

Sementara, recycle adalah sampah diolah kembali dalam bentuk lain di pabrik untuk bisa digunakan menjadi bahan yang berguna seperi kertas.

Di Kota Yogyakarta, Peringatan Hari Peduli Sampah 2013 di laksanakan secara sederhana dan penuh makna di SMP Muhammadiyah 3 Yogyakarta sebagai bagian kegiatan GO GREENSCHOOL 2013.

Adapun Pelaksanaaanya sebagai berikut :

            1. Lokasi : Kampus 1 SMP Muhammadiyah 3 Yogyakarta di Lantai Dasar.

            2. Waktu : Kamis 21 Februari 2013 Jam 07.30 s/d 11.00 Wib.

            3. Agenda :

a. Aksi kebersihan Lingkungan dengan memungut sampah sepanjang jalan dari SMP MUGA menuju lapangan mancasan ( lapangan yang biasa di gunakan siswa sebagai lokasi olah raga ). Dengan 2 rute dan kelompok kelas . Yakni kelompok kelas VII dari Kampus satu melewati jalan utama menuju lapangan mancasan, dan kelas VIII dari Kampus 1 menuju lapangan mancasan melalui kampus 2 dan 3 .sekaligus aksi penanaan bibit pohon di beberapa titik yang telah di persiapkan panitia ( di Kampus 3 SMP MUGA, Di lapangan Mancasan dan di beberapa Kantor : Kelurahan, Kecamatan,Polsek dan Koramil ).

b. Acara Seremonial : setelah peserta kembali ke Kampus maka istirahat sejenak ( ada salah satu pensi dan menikmati snak ) sekaligus acara seremonial berupa : Sambutan-sambuatan terdiri dari Sambutan Kepala Sekolah, Sambutan dari Pimpinan Majelis Pendidikan Muhammadiyah , Sambutan dari tamu Undangan Pemkot ( yang mewakili ).

c. Pengumuman lomba Blog dan penyerahan hadiah .

d. Penyerahan Bantuan Sembako kepedulian siswa terhadap penyapu jalan 100 Orang

e. Pengundian doorprise bagi siswa

f. Penutup : Doa.

g. Pentas Seni Siswa

h. Selesai ( Jam 11.00 )

            4. Hadirin dan Undangan terdiri :

a. Siswa Kelas VII dan VIII ( Maksimal 600 Orang )

b. Guru dan Staf SMP 3 YK ( Maksimal 50 Orang )

c. Undangan Sekolah Lain ( maksimal 50 Orang )

d. Undangan Sekolah ( Muspika,Pengurus Muh = 20 Orang )

e. Undangan Penyapu Jalan ( 100 Orang )

            5. Pembagian Tugas :

a. Shind : Membuat surat pemberitahuan dan ijin kegiatan di Dinas Pendidikan Kota, undangan ke Walikota/Mewakili, Badan Lingkungan Hidup, Bersama XL Menyiapkan Spanduk,Bacdrop acara, memasang 4 tenda mungil , doorprise kegiatan, subsidi konsumsi tamu undangan sekolah lain dan penyapu jalan ( 150 orang ), Bibit pohon.

b. Panitia SMP MUGA : Menyiapkan lokasi, Acara termasuk pengisi acara, Konsumsi bagi siswa dan tamu undangan internal SMP MUGA,Undangan ke Lurah dan Internal MUGA, menyiapkan doorprise, menyebarkan proposal doorprise untuk peran serta dunia usaha di sekitar MUGA ( Penting untuk komponen Adiwiyata ).

c. Setiap sekolah akan di berikan undangan donasi 1000/siswa untuk peduli bagi penyapu jalan yang nantinya sebagai bantuan sembako dari siswa untuk penyapu jalan diserahkan saat acara berlangsung.

Demikian hasil pertemuan shind dan SMP Muga, sabtu 9 Februari 2013. Terima kasih.


Tidak ada komentar:

Posting Komentar

 
Sugeng Rawuh Ing Blog SMP Muhammadiyah 3 Yogyakarta Go Green School ! #Let's #recycle #reduce #and #reuse