welcome to smp muhammadiyah 3 ! go green of muhammadiyah 3 junior high school From Now and For In The Future Save Earth and go Green ! Buang sampah pada tempatnya? Siapa takut !

Let’s Do Go Green! Start Now!

Hai! Saya di sini mau menyampaikan nih bagaimana cara-cara go green yang simpel, yang bisa dilakukan namun  mempunyai manfaat yang sangat besar. Apakah anda tahu apa yang terjadi pada 100 tahun yang akan datang dari akibat pemanasan global atau yang sering disebut dengan Global Warming? Pada 100 tahun yang akan datang, pemanasan global ini bisa menyebabkan sebagian daratan bumi akan tenggelam loh! Bisa bayangkan itu? Tidak hanya iklim yang berubah, namun luas daratan bumi juga terancam berkurang.

Es meleleh di kutub | Diambil dari google


Seperti yang  telah dilansir NBC (6/1), para peneliti memperkirakan bahwa luar daratan bumi akan menyusut dalam beberapa tahun kedepan. Hal ini dikarenakan tingginya jumlah lapisan es yang mencair di Antartika dan Greenland saat ini. Jika begitu, bisa jadi pada tahun 2100 mendatang  tinggi permukaan lautan akan meningkat sebesar satu meter. Hal inilah yang nantinyaa akan menenggelamkan dataran bumi yang ketinggiannya berada di bawah permukaan laut tersebut. Dan diperkirakan pula negara-negara seperti Bangladesh, Belanda dan Amerika Serikat akan menerima dampak terbesar dari peningkatan jumlah air laut ini. Hal ini dikarenakan negara-negara ini memiliki tinggi daratan yang tidak ideal.

Sebetulnya, global warming ini salah satunya dipicu oleh munculnya penggunaan teknologi zaman sekarang yang hampir sebagian besarnya tidak ramah lingkungan. Sebenarnya, jika anda sangat mencintai lingkungan hidup anda dan ingin mencegah global warming ini maka saya yakin setelah anda membaca ini, tergeraklah hati anda untuk melakukan hal-hal positif guna mencegah Global Warming atau pemanasan global ini. Dan pasti dari sebagian dari anda akan bertanya-tanya, perbuatan apakah yang harus dilakukan guna mencegahnya? Jika benar anda menanyakan itu, saya akan menjawabnya dengan satu kata, yaitu “Banyak!” Karena memang banyak sekali cara-cara simpel yang bisa anda lakukan untuk mencegah global warming atau yang biasa disebut go green.

Di sini saya akan menyinggung sedikit dari sekian banyak cara-cara ber-go green yang sangat simpel untuk anda lakukan pada kegiatan sehari-hari anda. Simak dan setidaknya saya sangat berharap kepada anda-anda supaya mau melakukan cara-cara berikut:

1.      Budidayakan Penghijauan
Bibit pohon yang bermanfaat untuk masa depan | Foto oleh Dhio Dhafin H

Nah, di sini yang saya ingin singgung tentang penghijauan. Anda pasti mempunyai rumah tinggal bukan? Apakah disana sudah ada tanaman tertanam? Nah, saya berharap anda mempunyai tanaman dirumah, jika di rumah anda tidak ada tempat untuk menanamnya, paling tidak anda bisa menggantungkan tanaman anda menggunakan pot gantung bukan?

Saya tidak habis pikir dengan orang yang melakukan pembalakan hutan secara liar atau tidak melakukan prinsip “Pilih,Tebang,Tanam”. Sebenarnya boleh-boleh saja menebang pohon di hutan, asalkan sudah mendapatkan ijin dari pihak yang berkewajiban, atau melakukannya dengan memilih pohon yang sudah tua. Karena pohon yang masih muda masih akan terus tumbuh untuk membantu kita menghirup udara segar dengan cara mengolah karbondioksida menjadi oksigen. Namun setelah menebang, anda wajib pula untuk menanam kembali pohon sebagai pengganti pohon yang sudah anda tebang tadi.

2.      Tekan Penggunaan Plastik
Penggunaan plastik kresek | Foto Oleh Zahra Faudia Q.A



Ya, saya yakin anda semua pernah dan mungkin sangat sering menggunakan barang-barang yang terbuat dari bahan plastik, paling tidak plastik kresek. Padahal jika anda tahu, plastik sangat sangat memicu global warming karena plastik membutuhkan waktu dan proses yang lama yaitu 1.000 tahun untuk dapat diuraikan secara alami di tanah dan 450 tahun untuk terurai di air loh! Bisa bayangkan itu? Jika suatu saat bumi ini akan penuh dengan bermilyar-milyar sampah plastik?

Salah satu penyumbang sampah plastik yaitu supermarket-supermarket. Tahukah anda baru sedikit negara-negara luar yang berani bertindak tegas untuk pencemaran plastik ini dengan harus membayar uang lebih jika anda membutuhkan kantong plastik sebagai tas belanjaan anda. Bagaimana dengan Indonesia? Ya, bersyukurlah karena supermarket-supermarket di Indonesia sudah ada juga yang berani  untuk mengambil keputusan seperti di atas walaupun baru sedikit, dan dalam jangka waktu kedepannya saya berharap bahwa supermarket-supermarket yang lain juga banyak yang bertindak tegas!

3.      Hemat Penggunaan Bahan Bakar


Kompor yang tidak dipakai untuk memasak adalah tindakan boros bahan bakar | Foto oleh Dhio Dhafin H

             Jangan terlalu banyak menggunakan kendaraan berbahan bakar atau kurangilah polusi udara. Tahukah anda jika bumi memiliki lapisan ozon yang berguna melindungi bumi dari sinar langsung matahari? Itu memang benar.

Dan jika sampai lapisan ozon bumi kita ini sampai terbuka sedikit demi sedikit (atau istilah ahasa Jawa-nya “bolong”), bumi kita akan langsung menerima cahaya sinar matahari. Dan ini tidak boleh sampai terjadi, karena dapat menyebabkan hal-hal yang sangat merugikan makhluk hidup di bumi, seperti contoh; akan menyebabkan kanker kulit, perubahan iklim yang drastis, mencairnya es di kutub seperti yang tadi sudah saya terangkan di atas.

Maka dari itu, mulai dari sekarang kurangilah menggunakan kendaraan yang menyebabkan polusi udara, setidaknya jika misal ingin keluar rumah, entah itu ke kantor, sekolah, tempat wisata, dan lain-lain, setidaknya jika tempat tujuan itu dekat, maka pakailah kendaraan yang tidak menyebabkan polusi udara. Contoh, anda masih bisa menggunakan sepeda, becak, andong, atau berjalan kaki jika tempat tujuan sangat dekat. Walaupun jika dipikir-pikir agak malas dan capek juga jika menggunakan sepeda, tapi, toh yang penting kita sudah berbuat kebaikan demi bumi kita ini kan?

4.      Kurangi Pemakaian Pengharum ber-CFC dan AC berfreon

Parfum yang tidak mengandung CFC | Foto oleh Dhio Dhafin H


Parfum atau pengharum ruangan  yang banyak mengandung CFC ini akan mengakibatkan gas yang membuat lapisan ozon pelindung bumi kita ini akan bolong. Jika bolong terjadilah perubahan iklim yang ekstrem seperti yang terjadi di kebanyakan negara Asia. Misalnya, di Indonesia.

Menggunakan AC berfreon juga tidak baik. Karena sekarang sudah ada freon yang ramah dengan lingkungan. Dan jangan menyalakan AC di dalam ruangan dan pintu atau jendela atau celah di dalam ruangan yang menembus keluar ruangan dalam keadaan terbuka. Karena ini pemborosan besar!

5.      Penggunaan Bahan-bahan Kimia Buatan

Pasta Gigi salah satu bahan kimia buatan | foto oleh Dhio Dhafin H

Penggunaan bahan-bahan kimia akan memicu global warming juga. Karena jika limbah-limbah bahan-bahan kimia ini hanyut di saluran limbah dan berakhir di lautan, maka sama saja kita merusak ekosistem lautan dengan cara mencampurinya dengan bahan-bahan kimia. Betul bukan?

Jadi, paling tidak anda dapat mengurangi menggunakan bahan-bahan kimia. Contoh bahan-bahan kimia buatan seperti halnya; pasta gigi, detergen, sabun cuci tangan, sabun cuci piring, dsb. Tetapi, tidak semua bahan-bahan itu terbuat dari bahan kimia loh ya. Karena masih ada yang terbuat dari bahan-bahan natural, walaupun anda masih sulit untuk mendapatkannya di Indonesia.


6.      Menghemat Pemakaian Kertas

Kertas yang dipakai untuk yang tidak penting |  Pic by Dhio Dhafin Hananndra


Ya, kali ini saya yakin, pengguna kertas secara banyak  bisa jadi sering dilakukan oleh banyak pelajar bukan? Apalagi mereka sangat senang membuang-buang kertas begitu saja hanya untuk menuruti nafsu mereka untuk menulis-nulis kertas dan membentuknya menjadi banyak bentuk, lalu pada akhirnya hanya membuangnya?

Saya seringkali prihatin dengan teman saya yang sering sekali menyobek kertasnya, lalu menuliskan sesuatu entah apa itu di atas kertas itu, lalu membentuknya seperti bola dan membuangnya begitu saja. Stop lakukan itu! Itu sangat memicu terjadinya global warming!

Karena jika kebutuhan kertas meningkat hanya karena pelajar ataupun banyak masyarakat boros saat menggunakannya, maka pabrik kertas akan terus memproduksi kertas dengan banyak karena tuntutan konsumen, dan itu artinya berjuta-juta pohon akan ditebang dengan percuma karena pada akhirnya hanya dibuang  secara mubadzir. Maka dari sekarang gunakanlah kertas sesuai kebutuhanmu, jangan suka membuang kertas, karena kertas yang sudah tidak dipakai bisa di daur ulang kembali! Right?

Go Green yuk ! | Pic by mugagogreenschool.blogspot.com

Ya, begitulah setidaknya 6 dari banyak sekali cara ber-go green yang mudah dan simpel yang bisa anda semua lakukan dalam kehidupan sehari-hari namun sangat bermanfaat sekali untuk menjaga bumi kita ini agar tidak terjadi global warming. Dan jangan lupa ajaklah sanak saudara, keluarga, teman dekat, dan masyarakat lainnya juga untuk berpartisipasi dalam ber-go green ini.

            Simpel bukan? Be Go Green Start Now, Please!


oleh Zahra Fuadia

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

 
Sugeng Rawuh Ing Blog SMP Muhammadiyah 3 Yogyakarta Go Green School ! #Let's #recycle #reduce #and #reuse